8 Manfaat Daging Ayam bagi Kesehatan Tubuh, Kaya Protein

0 Comments

Dilansir dari liputan6.com

Husnul Abdi

15 Mei 2020, 18:30 WIB

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daging ayam bagi kesehatan dipengaruhi oleh berbagai kandungannya. Salah satu kandungan ayam yang paling besar dan tentunya sudah diketahui banyak orang adalah protein. Bahkan dada ayam diketahui sebagai salah satu sumber protein terbaik untuk tubuh.

Daging ayam sendiri merupakan salah satu makanan atau lauk yang sangat digemari orang Indonesia. Hal ini tidak terlepas dari rasanya yang enak dan bisa dijadikan berbagai olahan makan, serta harganya yang cukup terjangkau.

Manfaat daging ayam bisa didapatkan dengan pengolahan yang benar, yaitu dengan memanggang atau membakarnya dan mengurangi bumbu yang tidak sehat.  Daging ayam, terutama yang tanpa lemak seperti dada ayam, memiliki protein tinggi dan serat makanan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (15/5/2020) tentang manfaat daging ayam.

Sumber Protein yang Baik

Salah satu manfaat daging ayam yang paling penting adalah sebagai sumber protein yang baik untuk otot. Bahkan, menurut data U.S. Department of Agriculture, dada ayam merupakan salah satu makanan sumber protein terbaik.

100 gram dada ayam mengandung 14,8 gram protein. Sedangkan pada umumnya, kebutuhan protein manusia adalah 1 gram per 1 kilogram berat badan. Tentu dengan mengonsumsi 100 gram dada ayam saja sudah memenuhi seperempat kebutuhan protein harian orang dengan berat sekitar 60 kilogram.

Bukan cuma itu, kekayaan protein dalam daging ayam juga membantu dalam pembentukan otot. Ini karena dalam daging ayam terkandung protein jenis asam amino yang sangat baik untuk kekuatan otot kita.

Mengandung Vitamin dan Mineral

Selain sebagai sumber protein, daging ayam ternyata juga merupakan sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Manfaat daging ayam dari vitamin B berperan penting untuk membentuk sel darah merah.

Daging ayam juga mengandung vitamin D yang dapat membantu penyerapan kalsium dan menguatkan tulang. Selain itu, vitamin A yang ada di dalamnya pun menyehatkan untuk penglihatan dan berperan penting dalam sistem imun.

Manfaat daging ayam juga bisa didapatkan dari kandungan mineral seperti zat besi yang bisa mencegah anemia. Selain itu, kalium dan natrium yang ada di dalamnya pun baik untuk kesehatan gigi hingga otak.

Mengontrol Tekanan Darah

Penelitian dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry menemukan bahwa mengonsumsi ayam dapat bermanfaat dalam mengontrol tekanan darah. Hal ini terjadi karena ayam mengandung vitamin B3 atau niacin yang terbukti memiliki efek penurunan kadar kolesterol.

Manfaat daging ayam ini sangat baik untuk mengontrol tekanan darah. Sehingga ayam menjadi salah satu asupan yang direkomendasikan untuk orang hipertensi. Namun perlu dicatat, sebaiknya konsumsi ayam bagian dada yang rendah kalori dan lemak.

Menurunkan Kolesterol

Manfaat daging ayam selanjutnya didapatkan karena mengandung vitamin B3 yang bertugas menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Dengan mengonsumsi daging ayam secara rutin, kamu dapat mengontrol kadar kolesterol jahat (LDL) dalam tubuh, yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung dan stroke.

Kamu dapat mengonsumsi daging ayam dengan berbagai cara. Namun, yang paling baik agar bisa mendapatkan manfaatnya secara maksimal adalah dengan cara direbus atau membuatnya sebagai sup.

Membantu Menghilangkan Stres

Manfaat daging ayam dapat dapat membantu menghilangkan stres. Hal ini karena dalam daging ayam terkandung vitamin B5 dan tryptophan, yang efektif untuk meredakan stres.

Asam amino triptophan dalam daging ayam berfungsi seperti obat anti depresi, mampu meningkatkan kadar serotonin di otak, membantu melepaskan stres sehingga bisa meningkatkan suasana hati.

Kandungan tersebut dapat memberikan efek tenang dan meredakan ketegangan pada otot, sehingga dapat membantu menghilangkan stres. Saat kamu stres atau memiliki suasana hati yang tidak baik, kamu dapat mengonsumsi sup ayam untuk meredakannya.

Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Manfaat daging ayam berikutnya adalah untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Memiliki metabolisme yang kuat dapat menghindarkan kamu dari berbagai macam penyakit.

Mengonsumsi daging ayam dapat membantu upaya meningkatkan metabolisme tubuh. Kandungan vitamin B6 yang terdapat pada ayam cukup efektif dalam mendorong enzim yang dapat menguatkan metabolisme tubuh dan menjaga kesehatan pembuluh darah.

Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Daging ayam mengandung sifat antioksidan yang disebut selenium, yang efektif dalam membantu tubuh untuk menghindari paparan radikal bebas. Manfaat daging ayam ini cukup penting bagi tubuh karena paparan radikal bebas yang terlalu sering ke dalam tubuh dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit, khususnya kanker.

Radikal bebas dapat merusak sel-sel di dalam tubuh dan dapat menumbuhkan sel kanker, yang dapat menimbulkan munculnya berbagai macam jenis kanker.

Mengobati Flu

Manfaat daging ayam juga dapat mengobati flu. Mengonsumsi semangkuk sup ayam saat sedang flu dapat meredakan masalah tersebut. Selain itu, ketika hidung tersumbat atau sedang sakit tenggorokan kamu juga bisa mengonsumsi sup ayam untuk meredakannya.

Hal ini karena daging ayam mengandung asam amino sistein yang membantu memecah lendir. Tak hanya melancarkan lendir, kehangatan dari sup ayam juga akan memberikan perasaan nyaman pada tubuh.

Link: https://hot.liputan6.com/read/4255375/8-manfaat-daging-ayam-bagi-kesehatan-tubuh-kaya-protein

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *